Pemandian Air Soda Destinasi Wisata Unik di Tarutung

Pemandian Air Soda Destinasi Wisata Unik di Tarutung, Pemandian Air soda ini terletak di desa parbubu, Tarutung Sumatera Utara. Menurut catatan sejarah sumber air ini pertama ditemukan oleh O Tobing Sihite sekitar tahun 1973. Pertama kali di temukan secara tidak sengaja karena terkena cangkul dan langsung menyemburkan air yang tidak seperti air pada umumnya.


Air ini beraroma seperti soda dan membentuk gelembung-gelembung seperti soda, kemudian di alirkan ke sebuah kolam yang kemudian di beri nama kolam pemandian air soda (Aek Rara). Ciri khas air soda ini adalah berwana merah. Bila kita berendam maka tubuh kita akan di penuhi gelembung-gelembun dan membuat mata perih jika terkena percikannya.


Pemandian Air Soda ini merupakan yang kedua di dunia setelah yang pertama di temukan di venezuela. Sehingga jika ini merasakan sensasi berendam dengan air soda tidak perlu jauh-jauh ke Venezuela. Selain menikmati berendam dengan air soda, kita juga bisa menikmati pemandangan hamparan sawah dan pegunungan yang hijau.


Jika mata perih karena percikan air ini jangan di kucek karena akan semakin iritasi, tetapi sebaiknya di teteskan obat tetes mata. Makanya jika berkunjung ketempat ini di usahan sudah menyiapkan obat tetes mata. Walaupun ini membuat mata perih, tetapi ada juga yang percaya jika air ini berkhasiat menyembuhkan penyakit seperti gatal-gatal dan rematik.


No comments