Rammang-Rammang Surga Dibalik Bebukitan Karst Maros


Rammang-Rammang Surga Dibalik Bebukitan Karst Maros, Rammang-rammang adalah sebuah objek wisata yang terletak di kampung berua, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten maros, Sulawesi Selatan. Tempat ini di kelilingi perbukitan karst yang luas, konon katanya ini merupakan yang terluas kedua setelah Karst Guilin di China. Kawasan karst ini memiliki luas sekitar 43700 hectar yang mana terdapat beberapa gua bersejarah.


Menurut penduduk setempat, nama “Rammang-Rammang” ini berasal dari Bahasa Makassar yang berarti “awan” atau “Kabut. Tempat ini di beri nama Rammang-Rammang karena tempat ini selalu di penuhi awan atau kabut, terutama pagi atau pada saat turun hujan. 


Menuju tempat ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota makassar sampai ke dermaga rammang-rammang. Dari dermaga kita akan menyusuri sungai puthe yang tenang dan sunyi. Untuk menyusuri sungai kita bisa harus menyewa perahu sekitar 200 ribu per perahu. Sepanjang perjalanan kita bisa melihat tanaman dan perbukitan karst yang terbelah oleh sungai.


Sesampai di desa berua, kita akan di suguhi oleh pemandangan yang sangat menakjubkan, sebuah tempat yang di kelilingi oleh perbukitan karst yang sangat Indah. Beningnya air yang memperlihatkan cerminan pemandangan sekitar menambah pesona tempat ini. Panorama alam disini sangatlah menarik, sehingga sayang untuk di lewatkan. Selain pemandangan dengan sebuah desa kecil, kita juga bisa mengunjungi beberapa goa prasejarah yang terdapat di sekitar ini.

No comments