Gempa Bumi Sebanyak 2 Kali Mengguncang Kupang


Dalam 5 menit terjadi 2 kali gempa berturut-turut yang mengguncang Kupang, Nusa Tenggara Timur. Gempa tersebut berkekuatan 6,2 Scala Richter dan 5,8 scala ricter. kedua Gempa tersebut hanya berjarak 8 km.



Berikut Penjelasan Ilmiah terjadinya gempa berturut-turut ini.

1. Pusat Kedua Gempa Hanya Berjarak 8 km

Menurut Badan Meteorologi kedua titik gempa tersebut hanya berjarak sekitar 8 km.
"Sedangkan gempa bumi yang kedua berjarak 8 km arah selatan dari gempa pertama", kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami RahmatTriyono, Selasa (28/8)
Pusat Gempa yang pertama berada pada kedalaman sekitar 10 km pada koordinat 10.96 LS dan 124.16 BT atau sekitar 106 dari tenggara Kupang. Sedangkan untuk pusat Gempa yang kedua berada pada kedalaman sekitar 10 km dengan koordinat 10.99 Lintang Selatan dan 124.09 Bujur Timur atau sekitar 105 km tenggara KUpang.
Menurut Rahmat, hingga pukul 14:40, hasil monitoring BMKG menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan sebanyak 3 kali.

2. Trust Fault atau Gempa Bumi akibat deformasi batuan dari pergerakan struktur sesar yang naik.

Menurut Rahmat, Pemicu gempa kali ini diakibatkan oleh adanya deformasi Batuan oleh pergerakan struktur sesar yang naik atau biasa disebut Trust Fault.
"Hasil analisi mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah laut timur ini, di bangkitkan oleh deformasi batuan atau dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik", Kata Rahmat.

Menurut Rahmat, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, kedua gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal, akibat tektonik outer-rise.

3. Gempa Bumi dirasakan Kecil Oleh Warga

Dampak Gempa bumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan  ( Shakemap BMKG) dan laporan masyarakat menunjukkan guncangan cukup kecil dirasakan di Kota KUpang dan Kabupaten Kupang.

No comments